Mengolah Lidah Buaya Menjadi Minuman

Post a Comment


Saat ini lidah buaya dapat diolah menjadi sebuah minuman, minuman lidah buaya sendiri bisa berbentuk jus maupun di campur dengan minuman yang lainnya. Rasa minuman lidah buaya dalam bentuk jus ataupun jika di campur dengan minuman lainnya, memiliki rasa yang berbeda. Untuk pembuatan jus lidah buaya sendiri tentunya tidaklah sulit. Hanya dengan menyiapkan daun lidah buaya yang besar dan terlihat segar, lalu dikupas kulit luarnya sampai hanya tersisa daging buahnya saja, lalu potong menjadi kecil – kecil dan masukan ke dalam blender, lalu dihaluskan.

Setelah itu saring hasil blenderan tersebut dan kita akan mendapatkan air dari sari lidah buaya, tambahkan dengan gula sesuai dengan selera anda, lebih nikmat jika anda menyajikannya dalam keadaan dingin. Nah, sedangkan jika kita ingin membuat lidah buaya sebagai campuran minuman, maka cara pembuatannya pun sedikit sulit. Karena kita harus mencampur lidah buaya dengan minuman yang cocok. Karena tidak semua jenis minuman cocok kalau dicampur dengan lidah buaya. Minuman yang cocok jika dicampur dengan lidah buaya yaitu jenis minuman yang mempunyai cita rasa asam. Misalnya seperti orange jus, lemon jus.

Adapun cara mengolah lidah buaya jika dibuat menjadi campuran minuman :
Siapkan daun lidah buaya yang memiliki ukuran besar, karena cenderung memiliki banyak daging buah yang nantinya dijadikan campuran minuman. Kupas kulitnya, lalu potong dadu daging lidah buayanya. Lalu rebus daun pandan dan tunggu hingga tercium aroma pandan. Selanjutnya rendam potongan lidah buaya pada air pandan tersebut selama 2 jam, setelah itu tiriskan dan simpan di lemari es. Potongan daging lidah buaya yang anda simpan di lemari es tadi sudah siap disajikan dan bisa di campurkan dengan minuman lainnya sesuai dengan selera anda, tentunya daging lidah buaya ini merupakan minuman yang lezat dan sehat. Selain itu jika anda ingin menambahkan rasa yang lain pada daging lidah buaya tersebut, anda juga bisa merendam kembali pada air sari lemon. Minuman yang di campur dengan daging lidah buaya ini juga mempunyai kegunaan sebagai obat panas dalam.

Adapun selain sebagai olahan minuman lidah buaya juga memiliki fungsi lainnya, antara lain :

-sebagai masker wajah : ternyata lidah buaya juga dapat dijadikan masker pada wajah secara langsung. Lidah buaya berguna untuk membuat wajah menjadi terlihat segar serta dapat memperkecil pori – pori yang terdapat pada wajah. Cara menjadikan lidah buaya sebagai masker wajah yaitu dengan memotong daun pada lidah buaya dan mengambil getahnya lalu dijadikan masker wajah.

-sebagai shampoo : lidah buaya ini juga dapat dijadikan sebagai shampoo, karena dapat dipercaya bahwa lidah buaya dapat menyuburkan serta bisa menjadikan akar rambut lebih kuat.

-lidah buaya juga bisa digunakan sebagai pudding, yaitu dengan cara menghaluskan lidah buaya lalu dijadikan campuran untuk membuat pudding yang enak.

Itulah manfaat dari tanaman lidah buaya yang bisa kita manfaatkan sebaik mungkin, sebagaimana fungsinya.


Related Posts

Post a Comment