Mengolah Pisang Menjadi Makanan Ringan (Kripik Pisang)

Post a Comment

Kripik pisang adalah salah satu makanan ringan yang banyak di gemari orang. Saat ini sudah banyak sekali di kembangkan produk kripik pisang ini, karena munculnya kripik pisang yang sudah memiliki berbagai macam rasa. Sebelum kita membahas resep keripik pisang yang enak dan gurih, mari kita lihat kegunaan pisang bagi kesehatan terlebih dahulu, inilah beberapa manfaat pisang bagi kesehatan tubuh:

-Pisang mengandung beberapa jenis gula alami seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa yang bisa dengan cepat menjadi energi.

-Pisang juga kaya dengan serat. Pisang juga dapat mencegah penyakit jantung koroner.

-Selain kalium yang berada pada pisang, pisang juga mengandung vit B6 yang membantu pembuatan sel antibody.

-Pisang juga mengandung potassium yang dapat mencegah stroke.

-Vit B6 yang terkandung pada pisang atau sering disebut dengan tripofan juga berperan penting sebagai penghasil hormon serotonin yang bisa mengatur suasana hati.

-Buah pisang juga banyak mengandung zat besi yang bisa membantu memerangi penyakit anemia.

-Kebaikan pisang tidak hanya berhenti di situ saja, pisang juga dapat meningkatkan kekuatan otak. Karena aliran darah di pompa kedalam jantung dengan lancar.

-Pisang memiliki sifat anti – asam yang bisa meredakan rasa perih pada perut saat maag kambuh ataupun dapat mengurangi iritasi pada lambung.

-Satu lagi kebaikan buah pisang, yaitu dapat memperlancar buang air besar karena pisang banyak sekali mengandung serat.

Setelah kita mengetahui akan kebaikan buah pisang, maka ada baiknya juga kita memberitahukan kepada teman – teman kita yang belum mengetahuinya. Sekarang setelah mengetahui kebaikan akan buah pisang saatnya membahas resep keripik pisang. Untuk pembuatannya sendiri bisa dibilang mudah, dam berikut adalah langkah – langkah dalam pembuatannya :

Bahan keripik pisang :
- 1 sisir pisang kapok
- 1 liter air kapur
- garam yodiom
- minyak goreng secukupnya

Proses pembuatannya :
1. Kupas seluruh pisang dan iris dengan bentuk sesuka anda

2. Rendam irisan pisang tadi dalam air kapur selama 1 jam

3. Setelah merendam dalam air kapur selama 1 jam, langkah selanjutnya yaitu memberi taburan garam dalam wadah, aduk hingga rata dan endapkan selama 10 menit

4. Panaskan minyak terlebih dahulu, kemudian goreng semua irisan pisang tadi dan pastikan semua terendam dalam minyak agar tergoreng merata.

5. Dan yang terakhir yaitu menyajikan keripik pisang dan jangan menaruh dalam toples agar keripik pisang tetap renyah.

Tidaklah sulit tentunya pembuatan keripik pisang ini, jika kita benar – benar memperhatikan langkah – langkahnya. Itulah bahasan mengenai resep keripik pisang yang semoga bermanfaat bagi kita semua.


Related Posts

Post a Comment