Resep Sop Jamur Beserta Manfaatnya

Post a Comment


Mendengar nama jamur yang ada pada bayangan kita adalah makanan sop jamur yang memiliki rasa yang unik. Jamur juga banyak diolah menjadi beraneka macam makanan atau bahkan dibuat cemilan. Banyak sekali jenis jamur, ada beberapa jamur yang memang dikhususkan sebagai obat tradisional, ada juga jamur yang bisa dimasak, dan ada juga jamur yang beracun. Untuk memastikan apakah jamur itu aman atau tidak untuk dimasak, sebaiknya anda membelinya di supermarket. Selain itu jamur juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dan berikut adalah manfaat jamur yang mungkin belum kita ketahui.

• Jamur kaya akan Antioksidan, yang berguna untuk terkena radikal bebas. Tak hanya itu, antioksidan juga bisa memperbaiki sel tubuh yang rusak.

• Menurut beberapa penelitian, ternyata jamur juga dapat mencegah beberapa jenis kanker, yaitu untuk kanker payudara serta kanker prostat. Jamur juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, karena di dalam jamur terdapat asam lnileat dan beta-glukan. Anda juga bisa membuat menu – menu makanan yang terbuat dari jamur di dalam masakan anda, mengingat jamur banyak mempunyai manfaat.

• Manfaat yang selanjutnya pada jamur, jamur sangat baik bagi kesehatan jantung, kenapa ? karena di dalam jamur terdapat berbagai macam nutrisi yang bisa menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam darah, karena jamur juga terdapat enzim dan serat.

Itulah beberapa macam manfaat yang dimiliki oleh jamur, dan masih banyak lagi. Setelah kita mengetahui manfaat jamur, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mengolahnya, misalnya membuat resep sop jamur yang sederhana. Pembuatannya pun tidaklah sulit, dan berikut adalah cara untuk membuatnya.

Bahan yang disiapkan :

-jamur putih yang di keringkan 40 gram

-ayam buras 400 gram (dipotong-potong)

-air 2 liter

-minyak sayur 2sdm

-bawang putih 3 siung (haluskan)

-bawang Bombay (cincang halus)

-wortel 250 gram (potong menyerong)

-kol 250 gram

-1/2 sdt merica bubuk

-1/4 sdt pala bubuk

-1 sdt garam

-telur puyuh 15 sudah masak

-seledri dicincang kasar.

Cara Membuat Sop Jamur:

1. Untuk pembuatannya pertama rendan jamur putih kedalam air sampai mengembang, lalu tiriskan dan sobek kasar, sisihkan terlebih dahulu. yang kedua rebus air, dan masukan ayam dengan api yang kecil. Tunggu hingga daging menjadi lunak, jangan buang airnya karena dijadikan sebagai kaldu.

2. Pisahkan ayam dengan tulangnya lalu iris tipis – tipis, dan masukan kedalam kaldu ayam tadi, dan rebus hingga mendidih, dan sisihkan terlebih dahulu.

3. Tumis bawang putih dan bawang Bombay kedalam minyak sayur yang sudah dipanaskan sampai layu. Setelah itu taruh tumisan kedalam kaldu yang mendidih tadi, masukan juga jmaur putih, wortel dan tunggu hingga semua sayuran menjadi lunak, tambakan merica, garam, dan pala aduk sampai merata. Masukan telur puyuh serta seledri dan sop jamur siap di sajikan.

Mudah bukan? Selain mudah cara pembuatanya ternyata jamur juga memiliki banyak manfaat. Sekian resep dan cara membuat sop jamur. Selamat mencoba.

Related Posts

Post a Comment