Donat Ala Rumahan Mudah Dan Ekonomis Cocok Untuk Yang Ingin Berjualan Donat. J.CO

Post a Comment

 sebelumnya kami ucapkan banyak terimakasih bagi teman teman yg sudah mengunjungi blog ini,sekali lagi terimakasih banyak ya🙏

~kali ini saya ingin berbagi resep cara membuat donat J.co ala rumahan yg mudah tentunya ya teman2 semua.

Nah berikut bahan-bahannya :

1. 500 gr tepung terigu protein tinggi (Cakra kembar)

2. 70 gr gula pasir

3. 50 gr margarin/butter

4. 1 butir telur utuh

5. 1 butir kuning telur

6. 7 gr ragi instan (mauripan)

7. 250 ml susu cair (ultra)

8. Sejumput garam

9. Sejumput vanilla (optional)

Cara membuat :

Pertama kita aktif kan raginya terlebih dahulu,tuang ragi ke dalam gelas kemudian masukkan susu dgn hangat suam-suam kuku, pastikan susu nya tidak terlalu panas ya !

Karena akan membuat ragi mati. Dan masukkan setengah sendok makan gula pasir kemudian aduk lalu diamkan hingga raginya berbuih,nah setelah ragi berbuih kita buat adonan nya.

Siapkan wadah besar kemudian masukkan tepung terigu tadi lalu masukkan gula pasir kemudian masukkan ragi yg sudah di campuri tadi, 1 butir telur utuh, 1 butir kuning telur, lalu uleni perlahan, kemudian masukkan margarin, masukkan sedikit demi sedikit susu cair.

Kemudian. setelah mulai menyatu masukkan sejumput garam dan terakhir masukkan vanilla secukupnya kemudian kita uleni kembali, uleni hingga Kalis ya. 

Nah setelah adonan kalis kita bentuk bulat nah ciri ciri adonan sudah Kalis yaitu terdapat serat dan adonan tidak mudah sobek ya. Lalu tutup rapat adonan dgn plastik kue rekatkan dengan karet agar tertutup rapat dgn sempurna kemudian diamkan kurang lebih 30 menit hingga mengembang 2x lipat.

Nah setelah mengembang kita buka plastik nya lalu kempiskan adonan hingga udara dalam adonan keluar, kemudian kita timbang rata adonan, disini yg boleh di pakai adalah 40gr Setelah itu kita bulat2 kan adonan hingga permukaan nya halus lakukan hal yg sama untuk semua adonan.

            Setelah selesai siapkan loyang yg sudah di olesi dengan margarin dan di taburi dengan tepung terigu, kemudian kita pipihkan adonan 1/1 dgn alat yang dapat digunakan, lalu bolongi dan lakukan hal yg sama hingga ke semua adonan setelah semua adonan kita cetak kita tutup dgn plastik kemudian diamkan kurang lebih 45 menit hingga mengembang 2x lipat, nah setelah adonan mengembang 2x lipat siap untuk di goreng !

Jangan lupa sebelum menggoreng pastikan minyak sudah panas dgn api kecil,tips menggoreng donat agar mendapatkan hasil yg cantik yaitu :

1. goreng donat dgn minyaknya yg banyak dan dgn api yg kecil serta jangan sering-sering membalik donat ya.

2. jika donat sudah berwarna kuning keemasan silahkan balik donat cukup sekali saja.

3. setelah warna nya kuning keemasan kita balik donat ingat cukup sekali saja !

            Setelah matang kita angkat jangan lupa siapkan tisu agar minyaknya terserap,nah disini cara kuta melihat sukses atau tidaknya  membuat donat dgn cara melihat waitringnya, setelah semuanya selesai kita sisihkan kemudian kita siapkan toping nya disini yg kita pakai adalah coklat, strawberry, green tea, vanilla, mangga dan tiramisu.

            Caranya celup donat hingga mengenai semua permukaan nya, kemudian hentakkan seperti ini agar coklat nya merata,nah lakukan hal yg sama untuk semua donat. Nah untuk mempercantik tampilannya boleh di tambahkan toping choco chips diatasnya lakukan hal yg sama dgn berbeda-beda toping ya. Nah untuk toping dan hiasan nya itu sesuai selera ya! Donat j.co ala rumahan sudah siap disajikan selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya😊🙏

TOPING : 

1. Coklat Glaze berbagai varian rasa

2. Chocochips


Newest Older

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment